Senin, 22 April 2013

Tips menyiasati pelajaran



Jadi anak sekolah zaman sekarang MUMET….. pelajaran bejibun, tugas numpuk, bikin belajar gak focus. Sebenarnya lo kamu tau setiap pelajaran tu punya karakter sendiri”. Coba pahami ini sebelum menentukan cara belajar yang sesuai kemampuan kita.

1.       Matematika

Inti dari penguasaan matematika adalah latihan soal. Matematika adalah pelajaran yang logis dan runtut, dan tak bias dihafal kecuali rumusnya. Satu”nya cara menguasai matematika kita bias memahami metode” penyelesaiannya. Jika udah terbiasa, tak lama bakal paham sediri dan insyaalloh mahir.


2.       Fisika

Untuk mapel satu ini butuh konsep dan banyak latihan soal. Jika keduanya udah dikuasai, kamu tu gak usah takut dengan rumus yang bejibun tu. Soalnya menghafal rumus tanpa memahami konsep”nya bias berakibat salah menfsirkan soal. Memang jika satu rumus fisika tu dapt di gunakan berbagai soal. Tapi tergantung kamu pahm konsep soalnya gak. Laaagipula, jika kamu hafal rumus tapi tidak tau konsep, fisika kamu pincang. :D

3.       Kimia

Gabungan matematika sama fisika, pemahaman konsep, hafalan dan tentunya latihan soal. Kimia tu sangat menyenangkan. Sebenarnya inti materi kimai tu hanya satu, kalau dimampatkan yaitu Tabel periodic Unsur. Jika kamu hafal urutan tabel SPU, sifat”nya, dan tau penggunaanya. Insyaalloh belajar kimia bias lancer,mudah. Dan jika menyangkut stoikiometri dan sejenisnya perbanyak latihan soal tentunya….

4.       Biologi

Banyak yang mengidentikkan biologi dengan hafalan, semua mapel itu hafalan. Tapi untuk menghafal materi yang menggunung itu memang sulit luar biasa, extraordinary lahhhh. Agar lebih mudah, kamu bias membuat peta konsep atau ringkasan materi. Pertama kamu baca uraian di buku teks kadang bikin mudah ngantuk… lebih baik kan kamu ngringkas dulu materinya, buat skema garis besar, baru tambah detail” nya. Dengan begitu materi lebih terstruktur sehingga gampang buat dihafal,dipahami, dimengerti, dan dipelajari.

5.       Ekonomi

Materi yang agak sulit biasanya berhubungan dengan kurva. Cara terbaik untuk mamahami adalah dengan memperhatikan penjelasan guru. Metode mengingat secara visual rasnya lebih cocok untuk memahami kurva. Selain itu, peengetahuan akan perkebangan ekonomi factual juga sangat membantu menguasai pelajaran.

6.       Sosiologi. PKN

Pelajaran menghafal sejati. Agr lebih mudah, hafalkan materi di LKS dulu sebelum membaca buku teks. Pengetahuan tentang berita social politik terkini di surat kabar akan sangat membantu.

7.       Geografi

Porsi hafalan cukup banyak, tapi sebenarnya geografi juga ada kaitan dengan materi IPA, terutama fisika. Memhami konsep juga diperlukan disini.

8.       Sejarah

Belajar sejarah sejatinya seperti mendengarkan dongeng. Daripada merasa berat karena harus menghafalkan banyak hal, lebih baik pahami dulu latar belakang dan kronologi peristiwa sejarah. Kaitkan satu peristiwa dengan peristiwa lain. Tidak sedikit peristiwa yang sampai sekarang masih meninggalkan misteri. Untuk kamu yang hobi jadi detektif, bias dijadikan pemacu semangat belajar.

9.       Bahasa inggris

Momok terbesar memang pada grammar. Sebenarnya kalau kamu terbiasa membaca teks bahasa inggris, menentukan grammar yang tapat tidaklah sulit. Tanpa sadar lama lama akan timbul SENSE sendiri dalam diri kamu utuk menyusun struktur kalimat secara benar. Untuk menamabah vocab, selain sering membaca, perbanyak nonton film bahasa inggris dan untuk latihan listening dengarka n music barat sambil membaca lirik dengan terjemahannya.

10.   Bahasa Indonesia
Hmmmmm…………?apa ya tipsnya?????? J sering baca Koran mungkin. Supaya bias memperkaya kosakata dan membedakan antara kata baku dan tidak baku.


11.   TIK

Maen computer aja….. praktik semua bagian dalam computer.

12.   Agama
Ibadah yang rajin yaaa…………J

Dari semua diatas semua tergantung kamu nya, hanya kamu yang tau gimana cara kamu bias memahami pelajaran yang sekabregg tu, hafalan semua lagi. Dan yang terpenting tu kalau belajar tu ikhlas kemauan sendiri dari hati yang paling dalaaaammmm, tanpa unsure paksaan.

Okey good luck guys, selamat berkreasi cuy…. J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar